Thursday, January 18, 2007

Mba.....Besok Kiamat ya....??????

Kamis, Ba'da Magrib

Seperti biasa, ba'da Magrib, anak2 ngaji dirumah. Berhubung ini malam Jum'at, jatahnya ibu-ibu kumpul untuk ngaji, jadi anak2 ngajinya cuma untuk nunggu ibu-ibu kumpul aja. Si Puput ( ade yang paling bontot) giliran yang ga kebagian waktu untuk baca, biasa .................. malah seneng karena ga baca.

Ba'da Isya........

Ibu-ibu yang ngaji dah pada pulang, tinggal beres-beresnya
Tiba-tiba........ si nenek satu ini (Puput), ngerengek.......
"Mba.....besok Kiamat ya......????????"
Agak kaget pertama denger
"Emangnya kenapa Puput tanya gitu?"
"Kenapa Puput tiba-tiba tanya soal kiamat?"
" Iya, kan sekarang banyak banget bencana, banyak yang mati, trus kata mba Dessy (kakak 1) kiamat hari Jum'at, berartikan besok"

"Katanya Kiamat itu datengnya hari Jum'at, berarti kan besok. Aku takut mba', aku kan gak mau mati muda, aku mau sampe 17 tahun, eh sampe seusia mama."
"Emang kenapa Puput takut mati .....??????"
"aku kan belum siap, aku kan subuhnya jarang"

Waktu itu, si Puput belum sholat Isya, aku lagi gosok gigi

"Mba, tungguin......, temenin aku, aku takut......"
Takut apa?
"Nanti pas naik, aku mati, kan sakit mba... mati jatoh dari tangga..."

Aku jadi ketaw, tapi juga mikir.....
Anak kelas 4 SD yang usianya belum genap 10 tahun, bagaimana cara menjelaskannya?

Kucoba alihkan perhatian, dan cepetan wudhu, trus sholat sana , jangan lupa gosok gigi dulu, bis tu langsung tidur.....
" Wah pasti aku mimpi buruk nieh....."
" ya udah jangan tidur"
" tapi pasti ketiduran......"

Dia masih penasaran, dia tanya lagi, gimana kalo besok bener-bener kiamat?
Waduh jawab apa ya.......

Akhirnya ku jawab semampu ku, dan biar dia tenang
"Put, Allah ga akan kasih kiamat, kalo masih ada hambanya yang beriman, yang masih mau dzikir, sholat, dan ngaji"
" Waduh aku belom sholat ma ngaji lagi mba...."
Buru-buru dia ambli wudlu, tapi ya tetep aja dia minta ditungguin.......

Sepintas mendengar pertanyaannya, sepertinya memang pertanyaan anak-anak biasa pada umumnya.
Tapi pertanyaannya setidaknya membuat ku berpikir.......
Pernah ga sih kita yang sudah dewasa, inget maut? inget belum sholat...... atau biasa menunda-nunda sholat tanpa khawatir kalau2 ajal menjemput sebelum kita melaksanakan sholat.




3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

hai nona, kalau kita ingat mati terus nanti ga konsen lagi dalam hidup....

pernah baca Hadis Nabi yang berbunyi"sungguh2lah ketika beribadah, seakan-akan kamu mati besok, bekerjalah dengan sungguh2, seakan kamu hidup seribu tahun lagi " aw kama qala Rasull.

jadi lakau kita lihat dari teks hadis tersebut, kalau disaat beribadah harus sungguh2, dan kalau kita kembali kepada aktivitas kita sungguh2 juga.
(wallahu a`lam bi as-Sowab)

10:11 PM  
Blogger pyuriko said...

Non,... besok gak kiamat kan???

Iko
Kamis, 25 Januari 2007.

8:29 PM  
Blogger elge said...

kiamat nggak kiamat..

saya ndak takut menghadapi hari esok
karena sudah melewati hari kemarin

2:15 AM  

Post a Comment

<< Home